Banten

Petani Binaan BAZNAS Siap Panen 2,5 Ton Pepaya California

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Republik Indonesia mengadakan kegiatan panen raya pepaya california yang bertempat di Desa Sindangsari Kecamatan Petir Kabupaten Serang pada Senin (27/11/22).

Hadir pada kesempatan tersebut Kepala Dinas Pertanian Provinsi Banten Agus Tauhid, Wakil Bupati Kabupaten Serang Panji Tirtayasa, Direktur Penguatan Pendistribusian dan Pendayagunaan Baznas RI Agus Siswanto, Ketua Baznas Provinsi Banten Syibli Syarjaya beserta segenap unsur pimpinan Baznas Kabupaten Serang.

Diketahui, kegiatan panen pepaya california tersebut merupakan buah hasil dari salah satu program pemberdayaan mustahik Kelompok Tani Ranca layung bidang ekonomi Baznas RI yaitu lumbung pangan, yang hingga tahun 2022 ini telah memiliki sebanyak 24 anggota petani.

Dalam kegiatan tersebut, disampaikan bahwa Kelompok Tani Ranca Layung akan melaksanakan panen raya pertama dengan perkiraan menghasilkan sebanyak 2,5 ton pepaya california pada akhir bulan November ini.

“Sebelumnya saya ucapkan terimakasih kepada Baznas RI karena telah berkontribusi dalam menaikan taraf hidup para mustahik di Banten salah satunya dengan adanya program lumbung pangan di Kabupaten Serang ini” ujar Syibli Syarjaya Ketua Baznas Provinsi Banten.

Ia juga menuturkan bahwa Baznas Provinsi Banten juga memiliki program yang serupa yaitu lumbung padi dan sedang dilakukan pengkajian terlebih dahulu.

“Kita ketahui bahwa dana zakat ini berasal dari muzaki yang diamanahkan kepada Baznas, maka program-program seperti ini dipandang perlu dan semoga bisa merambah ke Kabupaten lain” tambahnya.

Kepala Dinas Pertanian Provinsi Banten Agus Tauhid juga mengatakan hal serupa.

“Kami mengapresiasi program ini, Banten produksi pepaya mencapai 120 ribu kwintal dan produsen tertinggi berada di kabupaten serang yaitu sebanyak 46rb kwintal. Dengan adanya program dari BAZNAS ini Banten mendapatkan loncatan 1500 persen” ungkapnya.

Agus juga menambahkan kalau program seperti ini terus berlanjut, maka insyaAllah Banten akan mempu menjawab persoalan krisis pangan tahun depan.

Selanjutnya, Wakil Bupati Kabupaten Serang Panji Tirtayasa yang hadir pada kesempatan tersebut juga menitipkan pesan kepada BAZNAS.

“Bentuk koprasi untuk marketing agar penjualan meningkat. Selain itu bantu petani agar bisa memarket dengan harga yang layak dan juga hasil pertanian agar merata.” Ujar Panji.

Kegiatan yang merupakan program ekonomi perdesaan ini merupakan upaza BAZNAS dalam pengentasan kemiskinan di Indonesia.

Direktur Penguatan Pendistribusian dan Pendayagunaan BAZNAS RI Agus Siswanto mengatakan bahwa BAZNAS terus melakukan inovasi program.

“BAZNAS sebagai lembaga yang berperan aktif dalam menjalankan program-program untuk meningkatkan kesejahteraan umat berkomitmen untuk terus mendorong penguatan ekonomi mustahik, tentunya tidak bisa dilakukan oleh BAZNAS sendiri mohon dibantu untuk sinergi akses dengan pemerintah, karena kami perlu dukungan yg sangat besar” ujar nya.

Agus juga menuturkan bahwa program-program pusat ini semoga dapat di replikasi oleh BAZNAS Banten.

Berita Terkait