Nasional

Refleksi Akhir Tahun 2022, Menkumham Paparkan Sederet Capaian Kerja Kemenkumham

Tangerang, (Djawaranews.com) – Sederet capaian kerja Kementerian Hukum dan HAM selama Tahun 2022, dipaparkan Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H. Laoly dalam Refleksi Akhir Tahun yang digelar Kementerian Hukum dan HAM, Kamis (15/12).

Disampaikan Yasonna, Refleksi Akhir Tahun merupakan agenda yang telah menjadi ritual Kementerian Hukum dan HAM. Dan sama seperti tahun-tahun sebelumnya, Refleksi Akhir Tahun 2022 digelar guna memberikan gambaran atas capaian dan prestasi kerja Kemenkumham selama Tahun 2022 dan menentukan Target Kinerja Tahun 2023.

Adapun, capaian-capain tersebut diantaranya capaian dalam bidang Pembentukan Regulasi, dimana Kemenkumham telah menyelesaiakan 3 (tiga) Rancangan Undang-Undang, yakni Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2022 tentang Perubahan Ke-dua atas UU nomor 12 tahun 2011 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-Undangan, diundangkan pada 16 Juni 2022; Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan; serta
Pengesahan RUU KUHP pada 6 Desember 2022.

Selain itu, ada pula capaian di Bidang Pelayanan dan Penegakan Hukum, diantaranya: Penerapan Second Home Visa, Penerapan Masa Berlaku Paspor 10 Tahun serta Percepatan Proses Penerbitan Izin Tinggal Online dan Peluncuran e-Visa On Arrival (e-VOA).

Dalam Bidang Pemajuan HAM, Kemenkumham telah memberikan Penghargaan Kota/Kabupaten Peduli HAM dalam Peringatan Hari HAM se-Dunia ke-74 Tahun 2022 pada 12 Desember 2022 lalu.

Sedangkan, di Bidang Dukuman Manajemen, Kemenkumham berhasil memperoleh Penghargaan Penerapan Sistem Merit dalam Manajemen ASN kepada Instansi Kategori Sangat Baik dengan Nilai 373.5

Tak hanya capaian kerja, Menkumham bilang, berbagai Prestasi berhasil diraih Kemenkumham, sebut saja Anugerah Keterbukaan Informasi Publik (KIP) dengan Predikat “Badan Informatif Publik” dari Komisi Informasi Pusat serta mampu mempertahankan Predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI yang ke-13 kalinya atas Laporan Pemeriksaan Keuangan.

Meski sederet capaian kerja dan prestasi berhasil diraih Kemenkumham di Tahun 2022, Menkumham menyebut, tentunya masih banyak kekurangan Kemenkumham khususnya dalam hal pelayanan publik.

“Jangan menyerah. Saya minta kepada jajaran tetap lakukan penegakan hukum dan pelayanan publik, namun lakukan dengan adab dan sesuai Perundang-Undangan dan profesionalisme, karena dengan dunia media saat ini, akan sangat mudah untuk mem-viralkan sesuatu, namun sangat sulit untuk melakukan koreksi”, ujarnya.

Di akhir sambutannya, Menkumham mengajak seluruh jajaran untuk bersama-sama mewujudkan Kemenkumham Semakin PASTI dan Berakhlak dengan bekerja secara tepat, cepat, ikhlas dan hasilnya akuntabel, sebagai Resolusi Tahun 2023 mendatang.

“Semoga Kemenkumham senantiasa diberikan kemudahan dan kelancaran dalam tugas pengabdiannya kepada Bangsa dan Negara. Serta terima kasih atas pengabdian dan kerja seluruh jajaran, mari rapatkan barisan untuk memberikan yang lebih baik bagi Bangsa dan Negara”, pungkasnya.

Terselenggara di Kampus Poltekip/Poltekim Tangerang, kegiatan diikuti oleh seluruh jajaran Kemenkuham baik secara luring maupun daring melalui Aplikasi Zoom Meeting. (Humas Kemenkumham Banten)

Berita Terkait