EdukasiKota Serang
Trending

SDN Terondol Terapkan Nilai Peduli Sosial Jumat Berkah

Kota Serang, Djawaranews.com – Kepedulian sosial merupakan rasa yang timbul dari seseorang, yaitu keinginan membantu, baik dalam bentuk materi ataupun tenaga kepada orang lain. Bertujuan untuk meringankan beban orang tersebut, agar lebih dimudahkan urusannya.

Nilai peduli sosial adalah salah satu karakter yang sangat dibutuhkan oleh siswa. Dalam rangka menumbuhkan nilai kepedulian sosial dalam diri siswa tersebut, SDN Terondol Kota Serang telah melakukan program pembiasaan sebagai upaya bagian dari pendidikan karakter untuk menanamkan rasa empati di kalangan siswa.

Menurut Kepala SD Negeri Terondol, Mumun Malihah, S.Ag., M.Si., M.Pd.,program pembiasaan ini rutin dijadwalkan setiap hari Jum’at.

“Setiap Jum’at SDN Terondol senantiasa melakukan kegiatan sosial berupa santunan terhadap anak-anak yatim di SDN Terondol, dan juga kegiatan peduli masyarakat dengan bentuk pemberian bantuan sayur-mayur terhadap keluarga tidak mampu yang berada di lingkungan sekolah,” jelasnya.

Kegiatan yang sudah berjalan selama satu setengah tahun ini, atau tepatnya selama kepemimpinan Mumun Malihah, S.Ag., M.Si., M.Pd., merupakan wujud nyata dalam upaya menumbuhkembangkan rasa kepedulian sosial.

“Dengan kegiatan ini diharapkan anak-anak bisa menirunya sehingga tertanam dalam diri mereka rasa saling peduli dan tepa salira. Sebab. Mendidik bukanlah memberi tahu yang belum tahu. Tetapi, mendidik merupakan langkah behavioral yang harus dilakukan secara sabar dan kontinyu. Dari langkah behavioral inilah, anak-anak akan belajar dan mengambil contoh serta berusaha mempraktikannya,” lanjutnya.

Lantas, dari mana semua biaya untuk pelaksanaan kegiatan peduli sosial tersebut.

“Dananya dari iuran para guru serta sumber-sumber lain yang sah dan tidak melanggar perundang-undangan yang berlaku,” tambahnya.

Mumun Malihah, S.Ag., M.Si., M.Pd. berharap, kegiatan tersebut akan terus berlanjut secara terus menerus, minimal bisa terus dilakukan selama kepemimpinannya.

Berita Terkait